Kenapa Foto Selfie Terbalik?

Kenapa Foto Selfie Terbalik
(Kenapa Foto Selfie Terbalik)
Selfie merupakan aktivitas yang tidak dilepaskan di era digital dan teknologi modern saat ini. Beragam perangkat dan penunjang selfie hadir dengan segala fitur dan kecanggihannya mulai dari smartphone, tablet, spycam, dengan beragam inovasinya. Selfie merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan terutama bagi kaum hawa yang identik dengan kesukaan terhadap berbagai jenis update sosial media. Lebih-lebih saat ini sudah banyak tersedia smartphone selfie yang banyak ditujukan untuk kaum hawa. Ada beberapa produsen yang sudah memproduksi seri ponsel  yang khusus selfie yang memang ditujukan untuk keperluan tersebut baik dari spesifikasi kamera, fitur retouch dan editing bawaan, fokus yang lebih baik, deteksi wajah yang lebih teliti, dan masih banyak lagi.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai permasalahan yang umum terjadi pada selfie yaitu hasil foto yang terbaik alias flipped. Hasil foto yang terbaik umum ditemui pada beberapa kasus pemotretan dengan selfie. Beberapa produsen memang telah menyematkan kamera depan yang memiliki resolusi tinggi dan kualitas jernih dan tidak sedikit yang menyematkan kamera depan yang lebih baik dari kamera belakang.

Masalah yang timbul bagi pemula selfie pada umumnya adalah pada hasil foto yang terbalik atau berputar 180 derajat tentu ini bukanlah hal yang diharapkan dan perlu diperbaiki yang mana hasilnya harus disesuaikan dengan harapan yang diinginkan. Pertanyaan yang muncul apakah ada cara agar hasil foto selfie yang dilakukan tidak terbalik tentunya jawabannya iy, dengan melakukan sedikit tuning pada cara dan pengaturan Kamera yang Kita gunakan untuk memotret photo selfie. Kita bisa mendapatkan hasil foto selfie yan bagus dan yang paling penting adalah tidak terbalik.

Baca : Orang pertama yang menemukan selfie

Cara Agar Hasil Selfie Tidak Terbalik Dengan Xiaomi

Pada dasarnya Xiaomi telah menanamkan fitur kamera depan yang mirip seperti refleksi cermin. Namun fitur ini terkadang dapat menyebabkan hasil foto tidak sesuai, termasuk foto selfie terbalik. Fitur ini sendiri bersifat opsional, artinya Kita bisa menggunakan fitur ini atau tidak, sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengatasinya, Kita hanya cukup melakukan melalui pengaturan kamera. Berikut caranya :
  1. Buka aplikasi kamera Xiaomi, aktifkan mode front cam (kamera selfie/depan)
  2. Buka pengaturan / Settings kamera melalui menu yang ada pada bagian sudut kiri-atas, klik ikon Gear.
  3. Ubah pengaturan pada opsi Mirror Front Camera dari On menjadi Off
Setelah langkah diatas dilakukan dengan baik tanpa ada yang terlewat, maka seharusnya Kita sudah bisa mengambil foto selfie tanpa masalah gambar terbalik lagi seperti sebelumnya.

Akhirnya dengan melakukan langkah diatas maka Kita tidak perlu khawatir lagi akan terjadi hasil selfie yang terbalik karena pengaturan yang sudah disesuaikan. Jika pada kondisi tertentu Kita ingin mengembalikan pengaturan ke default (semula)cukup dengan mengulangi langkah diatas dengan mengembalikan parameter Off On nya saja.

Baca: Kenapa Tidak Boleh Selfie Menjulurkan Lidah

Cara Agar Hasil Selfie Tidak Terbalik Dengan  Samsung

Sama halnya dengan pengguna Xiaomi pengguna Samsung juga bisa mengalami kendala selfie terbalik. Adapun untuk mengatasinya Kita bisa mengatasi dengan melakukan perubahan pada settingan kamera.
  1. Buka aplikasi kamera di HP Samsung;
  2. Masuk ke opsi Kamera, pada sudut kiri atau kanan atas-bawah;
  3. Aktifkan slider dengan menggeser slide pada opsi Simpan gambar sebagai pratinjau (atau preview);
  4. Simpan pengaturan kamera dan lakukan pengetesan dengan pemotoan selfie. Jika langkah diatas diikuti dengan benar, maka hasil fotonya akan sama persis dengan yang muncul dilayar, dan hasil file selfie tidak akan terbalik lagi.
Jika langkah diatas sudah dilakukan dengan benar, maka hasil dari foto selfie yang dilakukan tidak akan terbalik lagi, artinya sisi kanan dan kiri tidak akan tertukar lagi.

Baca : Bagaimana Cara Selfie Seperti Professional

3. Cara Agar Hasil Selfie Tidak Terbalik Dengan iPhone

Langkah yang sama bisa dilakukan untuk iPhone, dengan menggunakan bantuan aplikasi kamera pihak ketiga yang berfungsi menggantikan aplikasi kamera bawaan. Untuk menggunakan aplikasi ini sangat mudah, caranya cukup menggeser layar atau slide layar iPhone untuk memilih antara mirror/un-mirror. Aplikasi didownload gratis di App Store.

Aplikasi ini bebas iklan disamping juga mudah digunakan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan iklan-iklan yang bermunculan saat anda menggunakan aplikasi ini. Anda bisa mendownloadnya dan dengan mudah menginstal ke perangkat iPhone Anda. Demikianlah ulasan dari cara agar hasil selfie tidak terbalik. Semoga bermanfaat.

0 komentar :